SAR Klaten bersama warga membersihkan rumpun bambu yang melintang dialiran Sungai Dengkeng (23/12)

SAR Klaten bersama warga membersihkan rumpun bambu yang melintang dialiran Sungai Dengkeng (23/12)

KLATEN – Tidak kuat menahan derasnya arus,  sekumpulan pohon bambu tumbang melintang menutup aliran sungai di Dukuh Rejosari, Desa Cawas, Kecamatan Cawas, Senin(22/12) dinihari. Bila tak dibersihkan, warga khawatir air sungai bisa meluap ke permukiman.
“Bila hujan deras, debit air sungai meningkat dan aliran terhalang pohon bambu tersebut, kami khawatir air masuk ke permukiman,” kata seorang warga, Budi Santosa(54).
Bersama dengan anggota TNI, Polri, dan Tim SAR Klaten, warga mencoba membersihkan pohon bambu tersebut dari tengah sungai. Akan tetapi, pembersihan terkendala medan dan lokasi. Sehingga pembersihan hanya bisa dilakukan secara manual.
“Satu per satu pohon bambu dipotong, kemudian ditarik menggunakan mobil. Dan jumlah batang bambunya mencapai ratusan, ini yang menyita waktu dan membutuhkan kesabaran,” kata seorang warga lainnya, Suripto(62).
Hal senada juga diungkapkan oleh staff bidang Komunikasi, Dokumentasi dan Informasi SAR Klaten, Dije Bakar Murwanto. Meski terkendala, namun SAR bersama relawan lainnya optimis bisa membersihkan pohon bambu tersebut dari tengah sungai.
“Meski sampai malam, operasi akan diteruskan sampai selesai. Mengingat, hujan hampir terjadi setiap hari dan debit air sungai bisa meningkat. Yang dikhawatirkan adalah air sungai meluap ke rumah penduduk,” papar Bakar.
Di sisi lain, peristiwa serupa juga terjadi di Desa Serenan, Kecamatan Juwiring.  Karena tidak kuat menahan derasnya arus, tanggul Sungai Kali Dengkeng yang ada di Dukuh Badran, Desa Serenan longsor. Akibat longsoran sepanjang 200 meter dan lebar 3 meter tersebut, 4 rumah yang dihuni 7 KK terancam ambrol.
“Air terus mengikis tanggul dan mendekati rumah warga. Jarak antara bibir sungai dan rumah warga hanya 3 meter saja. Saat ini, penghuni rumah sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman,” jelas Kepala Pelaksana BPBD Klaten, Sri Winoto.(aya)